Bagaimana Cara Agar Bisa Menabung?

Kamu harus bisa menyisihkan uang setiap bulannya untuk ditabung minimal 10% dari gaji. Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menabung dengan menggunakan rekening tipe tabungan. Jenis rekening ini mudah sekali untuk anda miliki untuk sekarang ini. Pergilah ke financial institution dan ajukan ke customer service untuk membuka rekening tabungan yang khusus untuk menyimpan uang saja. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin menyimpan uang untuk traveling, maka kamu harus menentukan kemana destinasi tujuan liburanmu kali ini.

Cara berhasil menyimpan uang

Dengan menentuan kemana saja tujuanmu, maka kamu bisa mengistimasikan berapa biaya yang kamu butuhkan untuk bisa liburan ke tempat itu. Selain itu, kamu juga semakin bersemangat untuk menabung karena tidak sabar untuk langsung liburan ke tempat itu. Kamu bisa menulis semuanya dengan rinci negara atau tempat mana yang ingin kamu tuju, beserta destinasi wisata yang menarik yang ingin kamu kunjungi. Jika Anda menabung dalam bentuk celengan di rumah, maka tulislah tujuan finansial yang membuat Anda bersemangat untuk menabung. Ingatlah mimpi dan cita-cita Anda saat menabung maka Anda tak akan mudah khilaf membuka celengan.

Kemudian, tentukan pengeluaran harian yang boleh kamu habiskan. Tentunya, hal ini harus dibarengi dengan tekad yang kuat untuk menabung. Namun poin utama dituju adalah mengajarkan anak untuk menabung.

Namun, dalam praktiknya, tidak semua orang mampu mendisiplinkan diri agar bisa rajin menabung untuk kebutuhan masa depan. Ada yang memang karena tingkat kebutuhan terlalu besar dibandingkan tingkat penghasilan. Bahkan saat penghasilan sudah meningkat, masih saja gagal menabung. Jika berpikir tentang penghematan dalam hal tagihan yang perlu dibayar, akan lebih cenderung melakukan setoran itu dan membangun dana darurat. Manfaatkan waktu yang kamu punya untuk mengerjakan hal-hal positif. Daripada kamu melakukan hal-hal yang tidak perlu seperti nongkrong dan membuka sosial media, ada baiknya kalau kamu bisa menghasilkan sesuatu.

Paling tidak, kamu punya rencana jangka pendek, menengah, dan panjang. Dengan begitu kamu akan terpacu dan semangat menabung setelah mengetahui tujuan menabung. Sementara, sisa dari pengeluaran adalah dana yang benar-benar untuk ditabung setelah mengalokasikan untuk kebutuhan. Besarannya biasanya sangat minim karena merupakan sisa dari pengeluaran.