Cara Menghitung Bep Break Even Level Yang Benar Dan Contoh Soal

Jadi, membuat analisa BEP bagi perusahaan itu sangat penting. Karena hasilnya akan bisa menentukan segala keputusan penting terkait nilai produksi dan goal yang ingin ditetapkan. Semoga informasi singkat mengenai pengertian Break Even Point ini bisa memberikan referensi positif untuk Anda.

Menghitung titik balik modal suatu usaha

Umumnya perhitungan ini menyangkut perbandingan antara pendapatan per bulan terhadap biaya tetap dan biaya variabelnya dalam waktu yang sama. Titik impas ini banyak juga yang menyebutnya sebagai BEP operasional sebagai sandingan dari BEP yang dianggap balik modal itu. Biaya tetap mengacu pada biaya yang tidak berubah tergantung pada jumlah unit yang terjual.

Break even level sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai analisis keuangan utama bagi perusahaan dan pemilik usaha. Jadikanlah bisnis lebih mudah dengan pembukuan yang lebih baik bersama Accurate Online. Hubungan sejajar antara biaya variabel dan kapasitas produksi akan saling berkaitan karena jika salah satu terjadi peningkatan maka yang lain akan mengikuti.

Anda bisa lihat grafik dibawah ini akan terlihat kalau untuk setiap unit penjualanya ada suatu informasi yang lengkap setiap rupiah penjualan, biaya variabel, biaya tetap dan complete maupun laba atau rugi. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia investasi, tentu harus bisa melakukan analisis serta melakukan prediksi terkait pengembalian modal. Hal ini mengingat bahwa pengembalian modal merupakan periode yang dibutuhkan guna menutup kembali pengeluaran jumlah investasi dengan aliran kas bersih. Untuk itu, Anda mesti tahu bagaimana cara menghitung payback period tersebut. Biaya tidak tetap adalah biaya yang awalnya tetap tetapi akan bertambah seiring dengan peningkatan penjualan.

Sehingga dapat mengubahnya menjadi biaya variabel per unit. Dengan begitu perusahaan bisa fokus mengembangkan bisnisnya. Analisis BEP bersifat statis dan berasumsi tidak ada harga yang berubah. Hal ini sedikit bertolak belakang dengan keberlangsungan usaha suatu perusahaan yang selalu dihadapkan dengan berbagai kemungkinan risiko ketika memproduksi dan menjual produk.

Dalam rumus ini kita dapat mengetahui berapa unit barang / jasa yang harus diproduksi untuk mencapai titik impas. Perhitungan break even level bisa dibuat untuk mendapatkan titik impas dengan harga penjualan sebesar Rp95.000, maka barang yang dijual harus sebanyak 7000 unit. Maka dari itu, sering juga disebut dengan analisis titik impas.

Jika perusahaan memiliki variasi produk yang banyak, penentuan biaya tetap lebih kompleks dan perhitungan break even point akan membutuhkan waktu lebih banyak. Titik pulang pokok yang dinyatakan dalam jumlah penjualan produk di nilai tertentu. Dalam hal ini kita akan memperkirakan pada jumlah produk ke berapa bisnis kita akan mengalami balik modal atauBreak Even Point. Singkatnya,break even pointadalah titik impas antara besar jumlah laba dan biaya suatu perusahaan dalam posisi yang sama atau seimbang, sehingga dalam prosesnya tidak mendapatkan keuntungan dan kerugian. Penggunaan rumus dapat disesuaikan tergantung bagaimana kondisi perusahaan.

Rumus di atas untuk menghitung berapa seharusnya keuntungan per unit untuk mencapai BEP. Invesnesia adalah situs literasi investasi keuangan dan bisnis, menyajikan seputar saham, cryptocurrency, foreign exchange, reksa dana, derivatif, dan manajemen keuangan. Invesnesia membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam mengelola keuangan dan mengambil keputusan investasi. Perusahaan ritel makanan dan minuman harian seperti Alfamart mungkin akan membutuhkan lebih banyak aset lancar dalam bentuk persediaan dibandingkan aset tetap. Sedangkan perusahaan manufaktur mungkin akan lebih banyak membutuhkan aset tetap untuk menjalankan kegiatan produksi. Jadi, kedua sektor bisnis ini tentu saja memiliki karakteristik tersendiri sehingga tidak relevan untuk dibandingkan.

Di titik ini, Anda mencapai titik impas yakni tidak rugi, namun juga belum mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus mendapatkan uang pemasukan penjualan yang lebih besar dari . Break Even Point adalah kondisi dimana nilai dari penjualan sama dengan nilai pengeluaran dan perusahaan tidak mengalami kerugian maupun keuntungan. Dalam bahasa kita, BEP ini sering juga disebut sebagai Titik Impas. Jadi modal yang dikeluarkan untuk produksi dan lain-lain, akan menghasilkan penjualan yang nilainya sama atau mendekati. Formula BEP disusun dengan asumsi bahwa biaya variabel mempunyai hubungan yang linear dengan penjualan.

Cara mudah yang dipakai untuk mendapatkan gambaran obyektif perubahan laporan laba rugi dari waktu ke waktu adalah dengan mengubahnya menjadi laporan laba rugicommon measurement. Cara mengetahui apakah laporan laba rugi sebuah perusahaan sedang membaik atau memburuk dilakukan dengan cara membandingkan laporan laba rugi setiap periode. Pembelian aset yang dengan harga tinggi namun tidak memberikan imbal hasil yang sesuai akan menambah beban depresiasi anda yang berakibat berkurangnya laba bersih.