Eight Ideas Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Selain menghemat pengeluaran, cara ini juga membuat Anda tidak perlu capek-capek menunggu reservasi meja di restoran yang seringkali penuh menjelang waktu berbuka tiba. Dengan begitu, keinginan untuk menghabiskan uang juga akan berkurang sedikit demi sedikit. Dengan membuat daftar kebutuhan, Anda bisa mengetahui apa saja yang benar-benar menjadi kebutuhan Anda dan berapa uang yang Anda perlukan untuk memenuhinya. Tentukan wadah yang akan Anda pilih, dan pastikan Anda mengalokasikan dana tabungan lebih dulu sebelum menghabiskannya untuk kesenangan pribadi.

Bukannya anak menjadi kenal dengan uang, tetapi anak akan menganggap uang adalah hal sepele dan merasa takut untuk belajar. Menabung merupakan kegiatan positif yang memiliki dampak besar di kemudian hari. Oleh karena itu, menabung sangat penting dilakukan semua kalangan, terutama anak-anak. Saya memahami dan mengizinkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data saya untuk tujuan terkait.

Data pengembalian historis tidak menjamin pengembalian di masa depan. Kalau kamu menabung Rp5 ribu per hari, dalam 30 hari, kamu cuma mengumpulkan Rp150 ribu. Nah, majalah Inc menulis, menabung harian itu paling baik adalah dengan memilih jumlah uang dan jangka waktu hitungan yang tepat. Kalau Rp5-10 ribu masih kurang, kenapanggakmenabung Rp20 ribu sehari? Soalnya, kalau lebih dari itu, kamu juga akan merasa sayang karena terlalu banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap hari.

Sisa 70%-nya bisa bebas kamu gunakan untuk membeli apapun yang kamu inginkan. Memang cara ini terlihat sulit, tapi kalau kamu sudah terbiasa melakukannya, pasti akan mudah dilakukan dan tentunya cara ini akan berbuah manis karena kamu berhasil menabung. Satu masalah yang kerap muncul adalah keperluan rumah yang begitu banyak sehingga pendapatan selalu pass-passan dan tak ada yang bisa ditabung.

Cara berhasil menyimpan uang

Gampangnya, kamu nggak perlu bekerja keras untuk mendapatkan uang dan menyisihkan uang. Sulitnya ialah ketika kamu harus menjaga diri dan keinginanmu untuk jajan, berbelanja, jalan-jalan dan sebagainya. Misalnya, nih, kamu dikasih uang jajan perminggu sekitar seratus lima puluh ribu rupiah. Berarti, setiap hari sekolah kamu memiliki uang jajan sekitar tiga puluh ribu. Nah, tiga puluh ribu itu bisa kamu bagi misalnya untuk uang transportasi pulang pergi sebanyak sepuluh ribu dan uang makan sepuluh ribu. Tetapi, akan lebih baik jika kamu memiliki uang lebih untuk jaga-jaga, ya.