Hukum Berbisnis Dengan Non Muslim Dan Dalilnya

Bangsa Jepang terkenal sebagai bangsa peradaban yang maju dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, teknologi, hingga ekonomi. Berbagai produk buatan Jepang pun telah diakui dalam kancah internasional, seperti produk elektronik, ponsel, jam tangan, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Mereka akan selalu sebisa mungkin menghindari hutang dengan terus bekerja keras walau harus bersusah payah. Mereka akan meminjam hutang ketika keadaan sudah tidak bisa ditolerir lagi. Dana segar akan mereka ambil ketika mereka sudah menjalankan semua hal yang bisa dilakukan tapi keadaan belum juga berubah.

Mulai dari kualitas barang atau jasa hingga perhitungan untung dan rugi. Dalam berbisnis, mereka juga tidak mencampurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Mereka berprinsip bahwa uang bisnis harus digunakan untuk keperluan bisnis agar bisnis dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi, bukan malah menjadikannya beban. [newline]Seperti yang sudah dijelaskan pada poin di atas, memilih teman yang tepat menjadi poin yang sangat penting.

Tujuannya agar teman bisnis Anda tidak menjadi penghalang kesuksesan usaha bersama di kemudian hari. Hal ini perlu dilakukan secepat mungkin, agar mengetahui apakah Anda dan teman Anda merupakan pasangan yang tepat untuk membuka usaha bersama. Jika ternyata Anda berdua tidak sepaham, belum terlambat untuk membatalkan. [newline]Jangan sampai persahabatan rusak gara-gara usaha yang tidak berjalan sesuai rencana. Tentunya akan berbeda jika Anda mencari orang baru untuk menjadi associate bisnis Anda, sebab Anda harus beradaptasi dengan karakternya. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisnis bersama dapat berjalan dengan lancar. Tapi jika Anda merasa berat melakukannya sendiri, baik dari segi permodalan maupun kemampuan manajerial, akan lebih baik bila menggandeng companion bisnis.

Walaupun ia memiliki bakat yang bisa melengkapi bisnis yang hendak Anda jalankan, bukan berarti ia memiliki insting berbisnis yang baik. Dampak buruknya, bisa-bisa bisnis jadi tidak bisa berkembang karena kelemahan dalam melihat kebutuhan pasar. Selain itu, meskipun teman Anda sudah cukup dekat, bukan berarti ia cukup bertanggungjawab untuk diberikan peran besar dalam berbisnis dengan Anda.

Suasana kerja menjadi lebih fleksibel, Anda dapat bekerja sambil menyelipkan gurauan canda saat dibutuhkan. Hal ini dapat membuat bekerja menjadi tidak terlalu tertekan, karena akan dijalankan dengan perasaan yang menyenangkan. Bagi orang Cina, peluang hanya datang sekali maka dari itu setiap ada peluang yang datang tidak akan dilepaskan. Mereka akan bergerak cepat untuk mengambil peluang tersebut, bukan diam di tempat. Karena bila mereka melewatkan peluang, akan sulit mendapatkan kembali peluang tersebut.