Ideas Untuk Lebih Menghargai Orang Lain

Ah, sama seperti banyak hal tentang konsep mengajarkan sesuatu yang baik, sebagai orang tua sepertinya kita perlu terus berefleksi dan memperbaiki diri. MATA INDONESIA, JAKARTA – Sikap saling menghargai sesama atau orang lain harus tetap dipertahankan. Mengingat, dengan cara inilah kerukunan serta kedamaian di Indonesia bisa terajut dengan baik. Perilaku serta tutur kata kita sudah sepatutnya tidak mendukakan hati sesama. Bersaing dengan sahabat itu wajar, tetapi harus tetap saling menghormati, menghargai, dan mendukung, bukan saling menjatuhkan. Menghargai adalah di saat kita bisa menghormati pendapat orang lain meskipun tidak setuju dengan pendapat mereka.

Menghargai orang

Panitera harus memiliki sifat kepemimpinan, memberikan keteladanan dan lugas dengan dilandasi oleh sikap kekeluargaan. Panitera dan Jurusita dilarang menjadi penghubung dan memberikan akses antara pihak berperkara atau kuasanya dengan pimpinan Pengadilan dan majelis hakim. Panitera dan Jurusita dilarang memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada para pihak dan dilarang meminta serta menerima imbalan dari para pihak atau kuasanya yang berkaitan dengan perkara di Pengadilan. Panitera dilarang tidur saat mengikuti persidangan yang dapat menggangu jalannya pemeriksaan dan tidak sempurnanya dalam mencatat berita acara persidangan. Yang dimaksud dengan kode etik Panitera dan jurusita ialah aturan tertulis yang harus dipedomani oleh setiap Panitera dan jurusita dalam melaksanakan tugas peradilan.

Supaya tetap bisa menghargai orang lain di situasi yang sulit ini, biasakanlah ketika menerima pendapat dari orang lain, coba dengarkan terlebih dahulu sebelum kamu menyampaikan tanggapanmu. Karena dengan mendengarkan pendapatnya, orang tersebut akan merasa dihargai. Toleransi dapat diartikan sebagai suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Mengajarkan sikap penghargaan terhadap orang lain dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari perilaku kecil, seperti tidak menyerobot, tidak berkata kasar saat marah. “Hargai dan hormati orang lain jika kita ingin dihormati dan dihargai orang lain, serta hormati dan hargai diri sendiri terlebih dahulu baru kita bisa menghargai dan menghormati orang lain.” Menghormati adalah tentang bagaimana belajar untuk memahami bahwa menghormati adalah sayarat untuk banyak hal dalam hubungan apa pun.

Justru sangat tidak bijak jika kamu hanya berdiam diri, duduk ngedengerin ocehan mereka sambil menundukkan kepala, dan hanya bisa ngebatin saja. Sebenarnya cara ini masih berkaitan dengan cara yang ke-3, yaitu kamu perlu memperhatikan orang yang membuat kamu tidak nyaman, dan coba bandingkan dia dengan sosok teman yang kamu harapkan. Jika ini terjadi dalam dunia kerja, maka jelas akan sangat merugikan kariermu ke depannya. Nah untuk kasus seperti ini, memang sangat susah bagi kita untuk bersikap tidak peduli dengan apa yang ia katakan. Biasanya orang yang tidak menghargai kita tidak hanya memberi tatapan yang meremehkan saja, tetapi juga terkadang mengoceh panjang lebar dan menceritakan hal-hal yang tidak ia senangi dari kita. Dan yang pasti, tidak semua karakter orang itu akan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Mereka tak menolak untuk memasak, membersihkan rumah, bahkan berbelanja jika memang diperlukan. Pria Taurus juga tak takut berkomitmen dalam sebuah hubungan selama itu nyaman dengan pilihannya. Taurus sangat menghargai kebaikan, kelembutan, dan pengorbanan yang didapat dari pasangan. Pernikahan merupakan hal serius untuk para Taurus, sekali menikah pasti akan berlangsung lama. Setiap bertemu orang baru, saya belajar sesuatu yang baru, pastinya sesuatu yang positif. Intinya, setiap orang dilahirkan dengan bakat dan kemampuan yang berbeda.

Anak akan lebih menghargai dirinya sendiri jika kita sebagai orang tua menghargai dirinya karena keunikan individual yang ia miiki. Komentar seperti “kenapa kamu tidak bisa bersikap sopan seperti Budi? ”, hanya akan membuat anak merasa buruk tentang dirinya sendiri. Meskipun memberikan perbandingan yang positif, seperti “kamu adalah pemain terbaik” tetap akan berpotensi merusak karena seorang anak dapat mengalami kesulitan untuk menjalani hidupnya dengan citra semacam ini. Mengetahui peraturan yang berlaku di keluarga membuat anak merasa terlindungi, tetapi diperlukan pengulangan yang konstan hingga ia dapat mulai menjalaninya sesuai ekspektasi.

Respek harus menjadi bekal utama saat berinteraksi sosial dengan orang lain. Setiap individu punya pikiran, perasaan, rencana, impian, dan perspektif yang berbeda-beda. Hanya saja, utamakan respek dan posisikan orang lain sama dengan diri sendiri. Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin didengarkan. Penting untuk tahu cara menghargai orang lain karena mustahil setiap individu bertindak sama seperti yang kita lakukan.