Mengulik Alasan Kamu Harus Menjadi Seorang Entrepreneur Muda

Chairul Tanjung juga menjelaskan, untuk menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Berbagai hal seperti rintangan dan kegagalan yang dihadapi dalam menjalankan usaha akan terasa sangat berat dan sulit untuk dijalankan. Terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, anak kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak sangat belia.

Namun dengan menganggap bahwa semuanya hanya rintangan, entrepreneur selalu optimis bahwa semua rintangan bukan akhir dari segalanya dan pasti ada jalan keluar untuk menghancurkan rintangan tersebut. Usia, jenis kelamin, pendapatan, ras, dan budaya kelompok goal market akan memainkan peran besar dalam menentukan di mana Anda membuka toko. Enterpreneur juga lebih mengedepankan ardour ketimbang hanya mebgejar keuntungan. Bila seseorang dengan kreativitas sebagai tema karakter yang dominan akan memiliki kemampuan lebih untuk mengatasi situasi adaptasi dan perubahan dibandingkan dengan kreativitas lebih rendah.

Jika Anda tidak membenahi diri setiap saat, orang lain akan mudah masuk, bahkan merobohkan kesuksesan yang telah Anda bangun. Luangkan waktu untuk mencari celah atau kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Sebelum memutuskan ingin menjadi entrepreneur, pastikan bahwa anda sudah mengumpulkan rasa percaya diri yang tinggi untuk menjadi pengusaha.

Menjadi seorang enterpreneur

Jika perlu, Anda bisa memakainya saat bersama dengan teman-teman atau ketika bertemu orang-orang baru. Memakai produk sendiri merupakan salah satu cara pemasaran yang sangat efektif. Ketika ada orang yang tertarik maka Anda bisa menjelaskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk Anda sambil memberikan contoh nyata untuk produk yang sedang Anda kembangkan. Orang yang ulet tidak akan mudah menyerah untuk mencapai suatu tujuan dengan berbagai alternatif.

Jika peluang baru sudah ada, segeralah pelajari dan ambil peluang tersebut. Seorang entrepreneur juga bukan hanya menunggu peluang baru tapi harus mencarinya. Pendidikan bisnis di antaranya adalah ilmu administrasi bisnis, ilmu manajemen bisnis, ilmu ekonomi, ilmu akuntansi, ilmu pemasaran, dll. Setelah pendidikan di bidang industri Anda miliki, Anda bisa mempertimbangkan untuk meraih sertifikasi atau gelar kewirausahaan. Ada mitos umum dalam budaya populer yang menyebutkan bahwa pengusaha sukses dan mandiri tidak pernah lulus dari perguruan tinggi.

Ingat Anda harus yakin dengan kemampuan Anda, pengalaman dan ilmu yang Anda miliki. Dengan ardour pengusaha tidak akan pernah lelah untuk bekerja berjam-jam dan masih bersemangat untuk mendapatkan ide-ide bisnis kreatif baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Seorang bisa dikatakan entrepreneur ketika dia berhasil menjual atau memasarkan apa yang orang butuhkan saat tidak ada orang lain menjual barang yang sama.

Modal suatu usaha merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa berjalan dan tetap lancar. Memiliki akses modal yang bagus akan membantu usaha Anda lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Mental pengusaha harus dibentuk sejak awal sebelum membangun suatu usaha. Percaya akan kemampuan diri Anda akan menghilangkan rasa ketidakpastiaan yang seringkali menjadi ketakutan penguasaha diawal memulai berwirausaha.