Planet Ban

Tentunya hal ini untuk mencapai hasil dan juga keuntungan yang maksimal. Semakin hari kekuasaan VOC semakin meluas, dengan kelicikan dan kekuatan militernya, VOC akhirnya menjadi satu-satunya serikat dagang Eropa yang mampu menguasai hampir seluruh wilayah nusantara. Sementara Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia dan Rusia, Denis Kravchenko menyatakan, Duma siap mendorong kerja sama. “Tidak hanya antar parlemen dan pemerintah, namun juga untuk menghubungkan dunia usaha di kedua negara,” terangnya, didampingi salah seorang anggota Kelompok Persahabatan Parlemen, Alexey Lyashchenko.

Kenyataan ini mendapat perhatian khusus dari pihak pemerintah dan parlemen Belanda, sebab persaingan antarkongsi Belanda juga akan merugikan Kerajaan Belanda sendiri. Terkait dengan itu, maka pemerintah dan Parlemen Belanda pada 1598 mengusulkan agar antarkongsi dagang Belanda bekerja sama membentuk sebuah perusahaan dagang yang lebih besar. Sultan Hasanuddin meneruskan kebijakan ayahnya yang menolak keinginan monopoli perdagangan Kompeni. Dua tahun setelah naik takhta, Sultan Hasanuddin menyerang foundation Kompeni di Pulau Buton. Hasil nya, kemenangan bagi pasukan Gowa, sedangkan Belanda mengalami kekalahan telak.

KOngsi dagang

Liputan6.com, Jakarta VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie yang berdiri sejak tanggal 20 Maret 1602. VOC adalah Kakek Zeus terbesar di nusantara untuk menyatukan perdagangan rempah-rempah dari wilayah timur dalam memperkokoh sebuah kedudukan Belanda di Indonesia. Sehingga, perusahaan yang juga dikenal dengan sebutan kompeni atau Kompania Belanda ini dibentuk sebagai perusahaan yang melakukan perdagangan secara monopoli antara Asia dan Belanda. Di Nusantara, VOC mengincar hasil rempah-rempah yang bernilai tinggi dan sangat laku di pasar internasional. Persekutuan dagang ini bisa dikatakan sebagai negara di dalam negara karena hak istimewanya yang tak hanya di bidang ekonomi, tapi juga bidang politik.

VOC merupakan kongsi dagang di antara kongsi dagang lain milik bangsa Gujarat, Iran, Turki, Tionghoa, dan Indonesia sendiri. Pada Oktober 2019 lalu dua perusahaan ini memutuskan untuk tidak memperpanjang kerja sama dalam produksi, penjualan, dan distribusi produk minuman berkarbonasi, Pepsi Cola, melalui PT Anugerah Indofood Barokah Makmur . Kabar berhentinya produksi dan penjualan Cheetos, Doritos, dan Lay’s pun sempat trending di media sosial. Banyak warganet yang mengaku sedih karena akan kehilangan makanan ringan yang telah menjadi cemilan mereka selama bertahun-tahun. Perlu dipahami bahwa setelah Portugis berhasil sampai di kepulauan Maluku, aktif mengadakan perdagangan dengan penduduk setempat.

Untuk merebut kembali monopoli rempah-rempah di Nusantara timur, khususnya Sombaopu, Kom peni memanfaatkan persaingan Gowa dengan Bone. Strategi devide et impera pun dilancarkan di antara dua kesultanan Islam tersebut. Van Linschoten menyalin peta pelayaran milik Portugis yang sangat dirahasiakan, sehingga buka jalan untuk penjelajah Inggris dan Belanda ke Kepulauan Rempah-rempah (Maluku/Nusantara).