Ppkm Degree 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus, Ini Daftar Daerahnya

Untuk grocery store, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai Pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50%. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan pelaksanaan resepsi pernikahan ditiadakan. Pengetatan mobilitas juga berlaku untuk perkantoran, entitas usaha non-sektor esensial, dan kritikal diwajibkan memberlakukanwork from homeatau bekerja dari rumah untuk seratus persen pegawai. Sedangkan sektor esensial dibatasi dengan kapasitas maksimal lima puluh persen. Sementara wilayah PPKM degree 4 diperbolehkan makan di tempat dengan waktu makan maksimal 20 menit dan jumlah pengunjung maksimal 3 orang.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat stage four, three, dan 2 akan berakhir besok. Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan diizinkan beroperasi 50 persen pada pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB dengan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan. Kegiatan belajar mengajar masih tetapi on-line, sedangkan kegiatan di perkantoran hanya diizinkan 25%. Pada PPKM Level 3, kegiatan makan atau minum di warung, kafe, pedagang kaki lima diizinkan dengan kapasitas 25% dan jam opersional maksimal pukul 17.00 waktu setempat.

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh. Di tengah situasi pandemi yang belum pasti kapan akan berakhir, belanja pemerintah rupanya kini menjadi harapan satu-satunya untuk menjaga ekonomi. Dengan situasi saat ini, pemerintah katanya harus melakukan strategi yang value effective dan mempunyai daya ungkit yang besar terhadap aspek kesehatan, sosial dan ekonomi. Menko Perekonomian Airlangga Hartato menjelaskan terdapat kenaikan kasus COVID-19 di 21 provinsi dan 45 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali sehingga kebijakan PPKM level 4 pun dilanjutkan. Kita juga ingin menghindari orang yang bisa meninggal karena saturasi oksigen turun dan mengalami perburukan dan baru dibawa ke RS sehingga berpotensi menimbulkan kematian karena terlambat mendapatkan penanganan,” jelas Luhut. Ribuan Anak yang Jadi Yatim Piatu Saat Pandemi Butuh Perhatian Anak-anak perempuan dan penyandang disabilitas yang kehilangan orang tua perlu perlindungan lebih agar tidak putus sekolah, atau jadi korban perdagangan orang dan perkawinan anak.

PPKM Level 4

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four hingga 9 Agustus mendatang. Langkah pembatasan aktivitas demi memutus penularan Covid-19 tersebut termaktub dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada Senin malam (2/8). Sebelum matahari terbit, antrean panjang sudah memenuhi sebuah pasar di Depok, Jawa Barat.

Sebagian warga telah memakai masker dua lapis, namun lokasi yang relatif sempit memaksa pelanggan berdesak-desakan di sejumlah bagian pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Petugas ini misalnya, ia tengah menyemprot cairan disinfektan dari mobil pick-up di Ciputat, Jakarta, guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Pemerintah mengubah istilah pengetatan yang berlaku di Indonesia dari PPKM darurat menjadi PPKM stage three dan PPKM degree 4.