Wolter Monginsidi, Ia Yang Mati Muda Demi Indonesia

Mengingat pentingnya integritas, maka setiap pegawai Kementerian Keuangan harus berusaha untuk menjadi pribadi yang berintegritas. Selama ada Republik Indonesia, maka Kementerian Keuangan harus terus berdiri sebagai sebuah institusi yang mempunyai cita-cita, integritas, kompetensi, dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Keempat karakter dasar tersebut di atas bisa menjadi ciri dari Kementrian Keuangan, sekaligus perekat dari organisasi.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Terkadang kita membutuhkan kata-kata motivasi hidup dari orang-orang terdekat kita untuk senantiasa membuat hidup kita lebih semangat. Kisah miris lainnya datang dari Abah Endang yang merupakan salah seorang pejuang Bandung Lautan Api. Kalau kamu sudah paham, coba terapkan konsep anti korupsi itu mulai dari diri sendiri, lingan keluarga, lingkungan organisasi yang kamu ikuti, lingkup sekolah atau kampus hingga lingkungan di tempat kerja sekalipun. Well, kamu nggak perlu, kok, menguasai semua bidang keahlian yang ada di dunia ini.

Pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas-atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Sejarah mengatakan bahwa Kartini diizinkan oleh ayahnya untuk menjadi seorang guru sesuai dengan cita-cita. Namun ia dilarang untuk melanjutkan studinya untuk belajar di Batavia ataupun ke Negeri Belanda. Meski kenyataannya, ada masa-masa di mana ia justru harus memperjuangkan kesempatannya untuk hidup bersama sang anak.

Pada tahun 1963, saat pemerintah menerapkan politik konfrontasi dengan Malaysia ia diperbantukan pada Dinas Pusat Intelijen Angkatan Darat yang bertugas di garis depan. Sutoyo Siswomiharjo merupakan pahlawan anumerta yang meninggal akibat keganasan PKI Gerakan 30 September PKI 1965. MT. Harjono menjadi salah satu korban dalam peristiwa G30S/PKI dikarenakan penolakan terhadap pembentukan Agkatan Kelima. Ia meninggal akibat tembakan senjata dirumahnya dan mayatnya diangkut dan dimasukan ke Lubang Buaya. Barulah pada 5 Oktober 1965, jenazahnya dimakamkan dan pangkatnya dinaikan secara anumerta menjadi Letnan Jenderal.

Cukup menjadikan dirimu unggul di bidang yang sesuai dengan bakat, mina dan passion-mu. Dan jadikan kelebihanmu itu sebagai contoh nyata kalau ada kontribusi yang kamu lakukan buat dirimu sendiri, lingkungan di sekitarmu, serta negara. Namun, dalam kehidupan nyata, pahlawan tidak memiliki kekuatan super atau menerima kemampuan luar biasa dari para dewa Yunani.

Para pejuang kemerdekaan bangsa kita bertempur dengan gagah berani bermodalkan bambu runcing untuk melawan tentara Inggris di Surabaya. Padahal saat itu kita cuma mempunyai sejumlah pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing. Ditambah lagi seruan “Merdeka atau Mati” dari Bung Tomo melalui siaran-siaran radionya, semakin mengobarkan semangat perjuangan rakyat Surabaya. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang paling banyak memiliki jumlah pahlawan nasional. Negara kepulauan ini punya lebih dari one hundred sosok pahlawan dan jumlahnya bakal terus bertambah. Hingga tahun 2019, Indonesia sudah menganugerahkan 185 gelar pahlawan nasional.